Batik Online Shopping Mudah Murah

GRIYA BATIK ADINDA-BATIK ONLINE SHOPPING

Pages

Tuesday, April 27, 2010

Tanggal 25 Februari 2010 yang lalu Dinda dan teman-teman dari sekolah mengikuti kegiatan outing semesteran. Kali ini tempat yang dituju adalah Taman Mini Indonesia Indah, khususnya mengunjungi Museum PPIPTEK dan Museum Transportasi.Tempat yang dikunjungi pertama kali adalah Museum PPIPTEK.

Wooow...!!! Sampai di depan museum ternyata sudah banyak rombongan dari sekolah lain. Ada yang tingkat Taman Kanak-kanak, tingkat Sekolah Dasar. Untuk tingkat lanjutan gak begitu memperhatikan ada atau tidak, yang jelas paling banyak rombongan kakak-kakak Sekolah Dasar.


Untuk masuk area museum kami ternyata tidak boleh membawa tas, tas-tas perbekalan harus dititipkan di tempat penitipan tas, kecuali tas-tas mommy-mommy boleh dibawa.

Mulailah kami menjelajah museum IPTEK. Hmmm..., ada yang akrobatik naik sepeda di atas tali. Hiiii..., serem. Aku ga berani deeh... Padahal sebenarnya gak naik sepeda roda dua beneran, di kiri kanannya ada peyangga agar pengendara tidak jatuh. Hanya uji nyali terhadap ketinggian....
Ada dipajang pula alat-alat musik dengan memperlihatkan bagian dalamnya, seperti antara lain piano di bawah ini. Oooo, gini toh dalamnya piano.




Kami terus berjalan mengelilingi museum yang luas itu. Kami berhenti sejenak untuk mengamati dan memperagakan alat peraga yang ada di bagian tenaga surya. Di sini ada alat Pompa Tenaga Surya beserta maketnya. Aku mendapat bagian untuk membacakan keterangan yang ada di maket. Wuuuuiiih, tulisannya banyak ya.... Alhamdulillah lancar...


Lalu kami melanjutkan ke bagian Energi dan Daya. Di sini aku dan beberapa teman mencoba mempraktekan menggosok-gosokkan kedua tangan kami masing-masing lalu menempelkannya pada alat yang ada. Nanti akan tertera di situ bagaimana energi yang ada di tangan kita.

Penyusuran museum terus dilanjutkan ke bagian fenomena alam. Di sini ada berbagai macam peragaan bunyi atau suara, gerak, dan macam-macam. Awalnya Dinda penasaran dengan antrian percobaan gempa. Bagaimana sih rasanya gempa? Tetapi karena antriannya panjang batal deh ngerasain gempa, udah bete duluan....Akhirnya menjelajah peragaan-peragaan yang lain.

Setelah puas merasakan mencoba macam-macam alat peraga, kemudian kami masuk ke dalam ruangan pembuatan hasil prakarya. Di sini kami dibagi menjadi beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok dipandu oleh satu kakak petugas dari museum.

Pertama kami membuat parasut dari kertas minyak, pledo, dan tali kasur. Suuuuiiit...., parasutku bisa terbang....



Yang kedua kami membuat roket buatan dari balon yang diisi udara gas lalu dilepas, sehingga dia akan melejit layaknya roket.... Tweeeettt....!!! "Duar...!! Duar...!!" Hahaha, yang terakhir ini bunyi balon-balon beberapa teman yang meletus waktu sedang ditiup atau saat sudah menggelembung.
Setelah cukup menyusuri museum PPIPTEK kami beristirahat sejenak untuk makan siang dan siap-siap melanjutkan ke Museum Transportasi.

Di sini kami pertama-tama melihat lokomotif tua. Aku dan beberapa teman penasaran untuk menaikinya. Waah, tinggi juga ya...


Ada juga bis tingkat. Tapi karena pinti bis terkunci aku dan teman-teman tidak dapat menjelajahi dalam bis.

Kendaraan roda tiga pun ada. Salah satunya ini niih.... Kata Mama ini namanya bemo. Mirip bajaj ya.


Ada lagi yang disebut lori genjot. Untuk bisa berjalan harus digenjot seperti kita mengendarai sepeda.


Yang paling menarik adalah adanya pedati. Di jamannya pedati digunakan tidak hanya untuk mengangkut barang tetapi digunakan juga untuk mengangkut orang. Bahkan cerita Mama, nenek buyutku dulu sering menumpang pedati (di Jawa disebut cikar) untuk kulakan batik di Solo. Dan ternyata pedati ini adalah cikal bakal dari Damri, yang dikenal saat ini sebagai salah satu perusahaan alat tranportasi bus.


Perjalanan hari ini ditutup dengan menaiki kereta keliling Taman Mini Indonesia Indah. Di sini hanya anak-anak dan teacher yang ikut naik kereta, sedangkan orang tua menunggu di stasiun mini.


Hwuuuaaah senangnya perjalanan hari ini ....

0 comments:

 
Copyright (c) 2010 ...Celoteh Adinda.... Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.